Minggu, 24 Maret 2013

What's Public Relations



Definisi Public Relations menurut beberapa ahli dalam bidang ini.

1.     Dr. Rex F. Harlow
Public Relations adalah fungsi manajemen yang khas yang membantu pembentukan dan pemeliharaan garis komunikasi dua arah, saling pengertian, penerimaan, dan kerja sama antara organisasi dan masyarakatnya membantu manajemen untuk selalu mendapatkan informasi dan merespon pendapat umum, mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen dalam melayani kepentingan masyarakat, membantu manajemen mengikuti dan memanfaatkan perubahan dengan efektif, berfungsi sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi krisis, dan menggunakan riset serta komunikasi yang logis dan etis sebagai sarana utamanya.

2.     Scott M. Cutlip, Allen H. Center, Glen M. Broom
Public Relations merupakan fungsi manajemen yang membentuk dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan masyarakat, yang menjadi sandaran keberhasilan atau kegagalannya.

3.     The Institute of Public Relations
Public Relations adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.

Cutlip, Centre & Broon mengemukakan beberapa kesamaan dari semua definisi Public Relations, yaitu sebagai berikut :

  1. Melaksanakan program terencana dan berkelanjutan sebagai bagian dari manajemen.
  2. Menangani hubungan antarorganisasi dan masyarakatnya.
  3. Memantau kesadaran, pendapat, sikap, dan perilaku di dalam dan di luar organisasi.
  4. Menganalisis dampak kebijaksanaan, prosedurm dan tindakan yang diketahui bertentangan dengan kepentingan masyarakat dan kelangsungan hidup organisasi.
  5. Memberi anjuran kepada manajemen perihal pembentukan kebijaksanaan, prosedur, dan tindakan yang saling menguntungkan organisasi dan masyarakat.
  6. Membentuk dan mengelola komunikasi dua arah anatara organisasi dan masyarakat.
  7. Menghasilkan perubahan khusus dalam hal kesadaran, pendapat, sikap, dan perilku di dalam maupun di luar organisasi.

Fungsi Utama Public Relations adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antarlembaga (organisasi) dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan iklim pendapat (opini pulik) yang menguntungkan lembaga organisasi.

Aktivitas Public Relation adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik (two ways traffic communications) anntara lembaga dengan publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan bagi tercapainya suatu tujuan tertentu, kebijakan, kegiatan produksi, demi kemajuan lembaga atau citra positif lembaga bersangkutan. Kegiatan Public Relations erat kaitannya dengan pembentukan opini publik dan perubahan sikap dari masyarakat.

Dari beberapa ahli diatas,  dapat saya simpulkan bahwa Public Relations adalah upaya dalam pembentukan komunikasi dua arah antara organisasi dan masyarakat yang saling menguntungkan dan dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan satu sama lainnya. Dengan memperluas wawasan dan pengetahuan serta menggeluti profesi Public Relations, kita dapat menjalin hubungan dan kerjasama, baik hubungan dalam suatu  kegiatan organisasi, perusahaan dan juga dengan instansi pemerintah dan swasta.  Oleh sebab itu, hal yang paling disarankan dalam profesi PR adalah bagaimana kita bisa membangun dan menciptakan  hubungan yang harmonis dengan semua pihak. Selain itu kita selaku PR harus terus belajar dan mencari ide2 baru agar keberhasilan dapat kita raih dalm setiap tujuan kita. Salah satu alasan saya untuk menggeluti profesi sebagai PR antara lain karena biasanya sebuah  perusahaan  yang ingin terus maju dan berkembang  guna meningkatkan pemasaaran produknya dibutuhkan seorang PR yang tangguh dan berwawasan luas demi berkembangnya sebuah perusahaan.  


Sumber :

(Nova, Firsan.  Crisis Public Relations: Bagaimana PR menangani krisis perusahaan. Jakarta: Grasindo)
 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar